BELAJAR MEMBACA
Tarigan
(2008: 9) menyebutkan bahawa “Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta
memperolehi informasi, yang mencakupi isi dan memahami makna bacaan”. Supaya
lebih memahami lagi tujuan kita belajar
membaca ini , Tarigan (2008: 9-11) telah memaparkan beberapa sebab
yang dijadikan tujuan oleh seseorang untuk melakukan aktiviti-aktiviti
membaca, diantaranya adalah seperti berikut:
i. Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan yang
telah dilakukan oleh seseorang tokoh. Membaca seperti ini disebut juga membaca
untuk memperoleh perincian atau fakta-fakta.
ii. Membaca untuk
memperoleh idea-idea utama. Membaca seperti ini adalah untuk mengetahui mengapa
hal itu merupakan topik yang baik dan menarik.
iii. Membaca untuk mengetahui apa yang terjadi. Membaca
seperti ini bertujuan untuk mengetahui urutan atau susunan organisasi cerita.
iv. Membaca untuk mengetahui perasaan pengarang. Membaca
seperti ini bertujuan untuk menyimpulkan sesuatu fakta.
v. Membaca untuk
mengelompokkan atau mengklasifikasikan. Membaca seperti ini bertujuan untuk
mengelompokkan atau mengklasifikasikan.
vi. Membaca untuk
menilai atau mengevaluasi. Membaca seperti ini bertujuan untuk menilai, atau
membaca untuk mengevaluasi sesuatu
fakta.
vii. Membaca untuk membandingkan atau memperbahaskan.
Membaca seperti ini bertujuan untuk memperbandingkan atau memperbahaskan.
Semua informasi, ilmu pengetahuan dan
pengalaman-pengalaman yang diperolehi melalui bacaan membolehkan seseorang itu
mempertinggikan lagi daya pemikirannya,
mempertajamkan pendengarannya dan memperluaskan wawasannya. Dengan demikian
kegiatan belajar membaca dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu belajar membaca secara nyaring,
membaca dalam hati, membaca telaah isi, dan membaca telaah bahasa. Secara lebih jelas, jenis membaca dapat dihuraikan
seperti berikut :
1.MEMBACA
SECARA NYARING
Secara sederhana membaca nyaring dapat
di maknai dengan melakukan aktiviti-aktiviti membaca dengan mengeluarkan suara.
Tarigan (2008: 23) menyebutkan definisi dari membaca nyaring, seperti berikut:
Membaca
nyaring adalah suatu aktiviti-aktiviti atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru,
murid, ataupun pembaca bersama-sama dengan orang lain atau pendengar untuk
menangkap serta memahami informasi, fikiran dan perasaan seseorang pengarang.
Menyambung
pemaparan definisi membaca nyaring oleh Tarigan, Moulton (Tarigan 2008: 23)
menjelaskan ada perbezaan antara membaca dalam hati dengan membaca nyaring.
Ketika melakukan aktiviti-aktiviti membaca, pemahaman melibatkan penglihatan
dan ingatan, sedangkan dalam membaca nyaring, selain penglihatan dan ingatan,
juga turut aktif auditory memory
(ingatan pendengaran) dan motor memory
(ingatan yang bersangkut paut dengan otot-otot kita). Berdasarkan pendapat yang
dikemukakan oleh Tarigan dan Moulton dapat disimpulkan bahawa membaca nyaring
merupakan kegiatan membaca secara bersama melibatkan lebih dari satu orang,
untuk memahami bacaan yang ditulis oleh pengarang dengan mengoptimakan/mempertingkatkan
lagi kerja penglihatan, pendengaran dan otot-otot tubuh.
2.
MEMBACA DALAM HATI
Menurut Tarigan (2008: 32) membaca dalam hati secara garis besar dibahagikan
kepada yang pertamanya ialah membaca ekstensif dan keduanya membaca intensif.
Membaca ekstensif bermaksud membaca secara luas dalam sesuatu teks iaitu dalam
waktu yang sesingkat mungkin. Kegiatan
membaca ekstensif adalah kegiatan membaca untuk memahami isi yang penting
dengan cepat dan efisien dalam suatu bacaan. Kegiatan membaca ekstensif
meliputi: (1) membaca survey (2) membaca sekilas dan (3) membaca dangkal,
Broughton et al. (Tarigan, 2008 :
32). Menurut Brooks (Tarigan, 2008: 36) membaca intensif pula adalah
pembelajaran yang secara menyeluruh, telaah isi, dan penanganan terperinci yang
dilaksanakan di dalam kelas terhadap suatu tugas yang pendek dua sampai empat
halaman setiap hari. Kegiatan membaca intensif meliputi membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.
Membaca
dalam hati sebenarnya merupakan kegiatan membaca untuk orang dewasa. Di sekolah,
dasar jenis membaca dalam hati belum dapat diberikan secara mutlak dan baru
bersifat pelatihan. Pembelajaran membaca dalam hati di sekolah ialah dasar yang
bertujuan untuk mendapatkan informasi dari suatu bacaan dengan memahami isinya
secara tepat dan cermat. Untuk mencapai sasaran membaca dalam hati, anak-anak
sekolah hendaklah menguasai keterampilan-keterampilan
berikut iaitu membaca tidak bersuara, membaca tanpa disertai gerakan-gerakan
anngota badan, membaca tanpa bimbang akan kandungan isinya meskipun tidak
sesuai, berkonsentrasi fizik dan mental, serta dapat mengungkapkan kembali isi bacaan.
3.BELAJAR
MEMBACA TELAAH ISI
Membaca telaah isi cenderung dilakukan oleh semua orang yang menemukan
minat pada bahan bacaan yang telah dibacanya dengan sekilas. Biasanya pembaca-pembaca
ingin menelaah isinya secara mendalam dan tertarik untuk membacanya dengan
teliti. Tarigan (2008: 40) menyebutkan bahawa “Menelaah isi sesuatu bacaan
menuntut ketelitian, pemahaman, kekritisan berfikir, serta keterampilan
menangkap idea-idea yang tersirat dalam bacaan”. Dari pendapat Tarigan tersebut
kita dapat membahagikan aktiviti-aktiviti dari membaca telaah isi menjadi
beberapa aktiviti membaca, diantaranya ialah membaca dengan teliti, membaca dengan
pemahaman, membaca dengan kritis, dan membaca dengan idea.
Selanjutnya jika diperhatikan dengan lebih mendalam mengenai pendapat
yang dipaparkan Tarigan, bahawa membaca telaah isi merupakan suatu
aktiviti membaca untuk mendapatkan informasi
penting dari suatu bacaan yang menarik perhatian pembaca, dengan melibatkan
pemahaman, keterampilan memperolehi idea bacaan serta ketelitian dalam membaca
bahan bacaan.
4.MEMBACA
TELAAH BAHASA
Membaca
telaah bahasa atau content study reading
mempunyai persamaan dengan cara belajar
membaca dalam hati. Aktiviti
kedua kegiatan membaca tersebut dilaksanakan dengan tidak bersuara. Menurut
Muchlisoh. (1996: 152-156) tujuan membaca telaah bahasa secara terperincinya adalah seperti berikut bertambahnya
kosa kata yang dimiliki oleh siswa dan bertambahnya pengetahuan sistem bentuk
kata, sistem kalimat, sistem tulis dan semantic para siswa.
Selain
dari beberapa tujuan khusus membaca telaah bahasa seperti yang disampaikan
Muchlisoh, maka kita pun perlu mengetahui bahawa tujuan utama membaca telaah bahasa adalah untuk memperbesarkan daya kata dan
mengembangkan kosa kata. Setiap orang mempunyai dua jenis daya kata iaitu dipergunakan
dalam berbicara dan menulis dan dipergunakan
dalam membaca dan menyemak (Tarigan (2008: 123).
Dari pendapat yang dipaparkan Muchlisoh
ataupun Tarigan, kedua-duanya bermaksud membaca telaah bahasa adalah suatu
proses membaca untuk menambahkan perbendaharaan kata serta bertambahnya
pengetahuan sistem pembentukkan kata. Bahan yang dipakai dalam pembelajaran membaca telaah
bahasa dapat diambil dari
beberapa sumber, misalnya dari bekas bahan yang digunakan dalam membaca teknik,
bahan yang dipakai dalam membaca dalam hati, atau bahan lain yang sifatnya
masih baru. Sumber bahan dapat diperoleh dari sumber bahan data buku , buku
rujukan, majalah, dan sebagainya. Isi bahan dalam kegiatan membaca bahasa dapat
berupa bahan yang menyangkut masalah ilmu pengetahuan alam, sosial, budaya, dan
kesusasteraan. Adapun yang perlu diingat dalam kegiatan membaca bahasa adalah
bahan yang akan digunakan harus memuatkan struktur bahasa.
5. BELAJAR MEMBACA
SKIMMING/SCANNING/MEMINDAH
Membaca
dengan cepat suatu bahan bacaan untuk mendapatkan kesan awal atau untuk mencari
sesuatu informasi atau maklumat yang kita perlukan yang ada dalam bacaan. Membaca skimming adalah membaca untuk
memperoleh kesan umum. Digunakan untuk pembacaan bahan yang ringkas, cepat,
panjang tetapi sepintas lalu. Teknik ini digunakan untuk pembacaan bahan yang
ringkas seperti petikan/ bahan bacaan panjang dari journal, buku dan majalah. Membaca scanning adalah membaca dengan
tujuan untuk mendapatkan informasi atau maklumat khusus sahaja. Membaca secara
pantas dan cepat untuk mendapatkan maklumat khusus dan bukannya mendapatkan
gambaran keseluruhan teks yang dibaca. Teknik ini bertujuan untuk menentukan
tahap kecekapan seseorang dalam mencari maklumat yang khusus dan penting.
Seterusnya ialah membaca intensif
juga termasuk di dalam cara pembelajaran
secara skimming/scanning atau memindahkan.
How To Bet Baccarat On the Best Websites: Top - Worrione
ReplyDeleteHere's our top online baccarat sites 카지노사이트 where you 제왕 카지노 can play casino games. And the best worrione online baccarat sites to play casino games for real money.